07
Jan
10

Kuo Tie

Kuo Tie

Awal tahun 2010 ini, ada yang request untuk dibuatkan Kuo Tie.

Saya bingung lantaran baru pertama kali mendengar namanya (ndeso ya? (^_^)). Daripada bingung lama-lama, segera saja saya cari di Google tercinta.

Hmm, di beberapa resep yang saya temukan, ternyata bahan isian untuk Kuo Tie antara lain: ayam, udang, sawi putih serta kucai yang diiris halus. Nah, berhubung bahan-bahan yang saya miliki terbatas, jadilah saya bikin Kuo Tie ala kadarnya😛

Bahan: (semua saya kira-kira karena nggak pakai timbangan)

Kulit:

– 300 gram tepung terigu

– 125 ml air panas

– garam secukupnya

– 2 sdm minyak goreng

Isi:

– 250 gr daging ayam cincang

– 100 gr udang cincang

– 1 sdm minyak wijen

– 1 sdt kecap asin

– gula pasir

– garam

– lada

Cara:

Buat isinya terlebih dahulu. Ayam dan udang yang sudah dicincang dicampur dengan semua bumbu isi lainnya dalam wadah, lalu simpan dulu di dalam kulkas.

Untuk kulitnya, tepung terigu yang sudah dicampur garam kemudian diberi air panas dan diaduk sampai kalis. (Ternyata susah juga membuat kulitnya, adonan saya malah lengket😦, butuh waktu beberapa menit sampai adonan saya akhirnya kalis) —-> namanya juga baru bikin pertama kali😀

Adonan kulit kemudian digiling sampai tipis dan dicetak berbentuk lingkaran. Setelah kulit siap, masukkan isian kuo tie di bagian tengah kulit sehingga berbentuk bulan sabit, lalu tutup dengan cara menyatukan bagian ujung kulit ke arah tengah.

Panaskan wajan anti lengket. Masukkan 2 sdm minyak goreng. Susun kuo tie, dan masak sampai bagian bawah kuo tie berwarna kecoklatan. Kemudian masukkan air ke dalam wajan sampa setinggi 3/4 dari kuo tie. Tutup wajan.

Setelah air dalam wajan menyusut dan hampir habis, angkat kuo tie. Lalu sajikan hangat.

Karena saya nggak punya gilingan, alhasil, membuat kulit kuo tie memakan waktu yang lamanya minta ampun. Untung ada “kakak” tercinta yang berbaik hati menggiling semua adonan kulit sampai habis🙂 Setelah dimakan, ternyata rasanya enak lho..!!


0 Responses to “Kuo Tie”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

