18
May
09

Pakai Linux?

Saya hanya tahu bahwa Linux adalah OS yang bersifat open source. Saya mengenal Linux saat berkunjung ke rumah sahabat terdekat saya. Ia baru saja menginstal ubuntu di PC nya. Saya bukanlah orang yang terlalu mengerti komputer. Saya adalah pengguna komputer biasa dan sudah telanjur terbiasa menggunakan PC dengan tampilan XP.

Begitu menyalakan komputer, saya langsung dibuat bingung dengan logo ubuntu yang muncul di monitor. Sahabat saya berkata kalau ia sedang mencoba membiasakan diri untuk mencoba sesuatu yang bukan bajakan, yaitu Linux.

Saya pun mencoba menggunakan tampilan yang sama sekali asing untuk saya. Saya coba untuk mendengarkan lagu dengan RhythmBox, menonton film dengan VLC Player, dan membuat tulisan dengan OpenOffice.org. Awalnya memang terasa aneh, namun lama kelamaan saya bisa terbiasa juga. Yang masih mengganjal adalah fungsi Terminal yang tidak terlalu saya mengerti. Yah, mau bagaimana lagi? Saya sudah terbiasa dengan cara “klik” dibanding cara mengetik. Maaf sahabat, saya masih beradaptasi dengan Linux. Namun saya mendukung sistem open source yang membagikan pengetahuan pada dunia. Knowledge belongs to the world!


0 Responses to “Pakai Linux?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

